Wednesday, January 22, 2014

Summary Ecodays 2013


ECODAYS 2013

Ecodays tahun 2013 telah dilaksanakan pada tanggal 4-6 Oktober 2013. Pelaksanaan Ecodays tahun 2013 menyandang tema Youth Innovation yaitu pencarian inovasi-inovasi kaum muda (youth innovation) untuk menyelamatkan kelestarian lingkungan. Tujuan dari kegiatan tersebut adalah mencari inovasi-inovasi untuk mengatasi problematika lingkungan yang  dapat digunakan dan dikembangkan oleh masyarakat. Inovasi dan teknologi yang dirancang harus dapat mendukung konsep sustainable development, yaitu pengembangan teknologi yang dapat mempertahankan  ketersediaan sumber daya alam dan menjaga kelestarian lingkungan untuk generasi di masa mendatang. Teknologi yang digunakan ialah 3R (RECYCLE, REUSE, REDUCE) dengan memanfaaatkan bahan yang sudah tidak terpakai (limbah, sampah, dll.) sehingga terbentuk produk yang dapat digunakan oleh masyarakat.
Peserta kompetisi merupakan tim yang berasal dari kalangan siswa/i SMA/SMK/sederajat  yang terdiri dari 3 orang yang berasal dari sekolah yang sama. Peserta berasal dari berbagai SMA/SMK/sederajat se- Indonesia.
Proses Lomba terdiri dari 2 tahap. Tahap pertama yaitu seleksi awal karya yang dilakukan oleh tim juri yang kemudian dipilih 10 karya terbaik. Tahap kedua yaitu peserta yang lolos akan diundang untuk mempresentasikan karya mereka dihadapan juri. Peserta Ecodays tahun 2013 yang lolos seleksi tahap awal antara lain MAN 1 Babat, 2 peserta dari SMAN 1 Rembang, 4 peserta dari SMAN 2 Sekayu, SMAN 1 Boyolangu, dan  SMAN 2 Lamongan
Sekolah yang berhasil memperoleh juara dalam kompetisi Ecodays tahun 2013 lalu adalah :
Juara 1 Wind Charger pada Kendaraan dengan Memanfaatkan Angin menjadi Energi Listrik (Asal Sekolah : SMA N 2 LAMONGAN, JAWA TIMUR)
Juara 2 Pemanfaatan Pelepah dan Tandan Kosong Kelapa Sawit sebagai Composite Sandwich (Asal Sekolah : SMA N 2 SEKAYU, SUMATERA SELATAN)
Juara 3 Pemanfaatan Limbah Tulang Rumah Potong Hewan (RPH) sebagai Produk Biomaterial Implant Alami untuk Terapi Fraktur (Asal Sekolah : SMA N 1 BOYOLANGU, TULUNGAGUNG, JAWA TIMUR) dan terdapat
Juara Favorit yaitu MAN BABAT LAMONGAN, JAWA TIMUR.
Dalam acara tersebut terdapat 2 kategori lomba yaitu Green Inovation dan Alternative Energy. Dalam topik ini, peserta dapat memilih salah satu dari dua sub-kategori pada kompetisi ini. Kategori yang dimaksud di sini yaitu :
a.       Produk berupa energi alternatif dan
b.      Produk memanfaatkan energi alternatif.
Produk yang dihasilkan disusun dari bahan-bahan penunjang buatan dalam  negeri (alat) dan bahan  baku yang dipergunakan tersedia di lingkungan sekitar dan/atau dapat dikembangkan di Indonesia (barang siap pakai).

Dalam kegiatan yang dilaksanakan 3 hari (1 hari registrasi dan 2 hari acara inti), peserta tidak hanya melakukan perlombaan, tetapi juga mendapatkan pembekalan materi, pengenalan lingkungan universitas, malam pentas seni oleh masing-masing peserta yang juga mempengaruhi penjurian, dan karya wisata di kota Solo.

0 comments:

Post a Comment